• Juli 2014
    S S R K J S M
    « Mei    
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Top Artikel

    • Tidak ada
  • Kunjungan

    • 47,216 hits
  • PhotoQu

    More Photos

Hukum Suami Meninggalkan Istri Dalam Islam

Hukum Suami Meninggalkan Istri Dalam Islam
Jump to Comments

Al-Qur’an memberi batasan bahwa suami tidak boleh meninggalkan istri lebih dari empat bulan.

Mengenai hal ini, Syaikh Utsaimin memberikan pendapat [Fatawa Nir ‘Aladarb Syaikh Utsaimin, hal 17, Majalatul Buhuts 9/60. Durus wa Fatawa Haramul Makky, juz 3 hal.270] :

Pertama : Tidak benar bahwa Al-Qur’an tidak membolehkan suami meninggalkan istri lebih dari empat bulan sebab tidak ada satu ayatpun yang menyebutkan demikian. Akan tetapi yang terdapat di dalam Al-Qur’an hanyalah pembatasan tentang orang yang ila’ yaitu suami bersumpah tidak akan menggauli istrinya, kemudian Allah memberikan waktu empat bulan kepadanya, sebagaimana firman Allah “Kepada orang-orang yang meng-ilaa’ istrinya diberi tangguh empat bulan (lamanya). Kemudian jika mereka kembali (kepada istrinya), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” [Al-Baqarah : 226]

Dibolehkan suami pergi meninggalkan istrinya, lebih dari empat bulan, enam bulan, setahun atau dua tahun dengan syarat tempat tinggal istri aman dan rela ditinggalkan, jika tempat tinggalnya tidak aman atau tempat aman tapi istri tidak merelakan, maka dalam kondisi seperti itu, suami tidak boleh meninggalkan istrinya. Wajib bagi setiap suami untuk menggauli istrinya secara baik.

Jika suami pergi setelah sekian lama tanpa memberi kabar kepada istrinya (keluarganya), apakah sang suami harus memberikan surat talaq kepada istrinya ?

Syaikh Shalih Fauzan memberikan pendapat [Kitabut Muntaqa Syaikh Fauzan, juz 3/242] :

Tidak perlu sang suami mengirimkan surat untuk menjatuhkan talak kepada istrinya, jika dia berhalangan secara syari’at yang mengakibatkan dia tidak bisa pulang. Maka tidak boleh bagi istri menuntut secara paksa terhadap suaminya agar pulang melainkan setelah ada kemampuan.

Dalam kondisi seperti ini istri berhak memilih diantara dua pilihan ; bersabar menunggu kedatangan suaminya atau menuntut hak dengan cara mengajukan talak. Dan sebaiknya suami harus tetap bersabar hingga datang kesempatan untuk pulang. Insya Allah jika ikhlas dan bersungguh-sungguh, maka akan mendapatkan jalan keluar dan pertolongan.

Dalam hal ini orang tua sang suami tetap harus menjaga dan bertanggung jawab terhadap sang istri.

10 Tanggapan

  1. pa bila istri minta talak apa yang harus dilakukan sang suami

  2. Jika suami menjatuhkan talak sampai 3x tp itu diluar kesadarannya maksudnya saat dia emosi dan sbenernya dia sangat mencitai istri, itu gmana hukumnya..??

  3. pa bila suami sya pergi krmh orng tua nya slma 3 bln lbh bhkn smpe ckr tnpa mmbri nafkah dan susu untuk ank nya yg msh umr 4bln sdngkn ank sya sdang skt tumor pembulu darah dan suami sya tidak peduli,dngn biaya obt dll kbthn ank saya?jd skr sya yg bkerj kers unk ank,untk bli susu,ke dokter dll….sya hrz gmn?kash srn y??pa sya dosa bla mnjukn talak??

  4. Saya d tinggal suami prgi gtu aja wktu sya msih nifas,dr thun 2011 smpy skarang,gmn hukum sbgy istri?soal Ώÿ̲ά dr kluarga suami ƍäª Αϑα yg brtanggung jwab atas saya dan anak saya.?

  5. suami saya pergi meninggalkan saya dan anak2 tanpa pesan dan tak memberi nafkah sudah satu tahun ini, harus bagaimana kah sikap saya ? ,saya tau dia pergi karna berselingkuh dengan wanita muda.

  6. assalamulaikum pak, istri saya telah mersikap kasar kepada saya, mencela,tidak mematuhi saya,menghina,sering berkata cerai dn bnyak lgi sikap kasar yg diperlakukan kepada saya, dan akhirnya saya pergi membawa luka hati, tampa kabar. mohon pencerahan pak, sampai saat ini saya masih sayang sama istri saya, tetapi istri saya tak ingin mengetahui saya dimana, hp pun saya selalu aktif…mohon masukannya pak?

  7. Ǻªª bila swami membohongi sang istri dia menyuruh sang istri meninggalkan rumahny sementara n nyuruh. Istri untuk pura2 cerai dgn alasan supaya orang tuanya itu memberikan modal untkny,tp trnyata dia malah selingkuh n menikahi wanita lain,n si istriny dan anakny tdk ϑȋ̊ beri nafkah lahir bathin sampai 6 thn lamany,sedangkan si swami juga tidak menceraikanny,,itu bagaimana menurut agama,,?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: