Deskripsi

Deskripsi

Dalam rentang waktu kehidupan, setiap orang pasti mengalami masa puber. Masa puber merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Jika baik pendidikan di masa puber, maka baik pula perkembangan anak menuju kedewasaan. Oleh karena itu, pendidikan terhadap anak usia puber harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Seorang anak yang memasuki usia puber biasanya mengalami krisis kejiwaan dan krisis sosial. Fenomena semacam ini dapat dirasakan oleh orang tua dan guru ketika berhadapan dengan anak-anak menginjak usia puber.

Masa puber memiliki tabiat, tradisi, dan karakter tersendiri dalam perkembangan manusia. Baik ditinjau secara fisik, perilaku, pemikiran, maupun sosial. Seorang pendidik harus mengenal watak, tradisi, dan karekater yang ada pada usia puber ini dan penyebab terjadinya, karena menghukumi sesuatu dan berinteraksi dengan sesuatu harus berdasarkan pada gambaran dan pengetahuan. Kita harus mengetahui kaidah-kaidah umum dalam melakukan interaksi pendidikan dengan anak-anak usia puber. Problematika ini bisa timbul dari dari dalam diri anak puber itu sendiri maupun dari masyarakat sekitar atau dari keduanya secara bersama-sama. Dalam setiap keadaan harus diperhatikan realitas, faktor , dan unsur yang menyebabkan munculnya problematika tersebut.

Kajian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan masalah-masalah pendidikan dan kejiwaan yang berkaitan dengan usia puber. Bagaimana cara mendidik, berinteraksi, dan membimbing mereka. Orang tua, guru, dan da’i harus mengetahui cara meningkatkan peran mereka dalam membimbing dan mendidik anak usia puber dengan penuh kecermatan dan pemahaman. Kajian ini bertujuan menjelaskan bagaimana pandangan Islam tentang gejolak jiwa tersebut dan bagaimana cara mendidiknya. Al-Qur’an, Sunnah Nabi, dan atsar para Salafus-Shalih merupakan sumber dasar untuk memahami nilai-nilai kemanusiaan dan pengarahannya. Dari sumber-sumber ini kita dapat mengambil solusi berkaitan dengan masalah perkembangan dan pertumbuhan manusia secara umum serta tema-tema yang berkaitan dengan masa muda dan masa puber secara khusus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: