• Mei 2024
    S S R K J S M
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Top Artikel

    • Tidak ada
  • Kunjungan

    • 91.110 hits
  • PhotoQu

Hukum Suami Meninggalkan Istri Dalam Islam

Hukum Suami Meninggalkan Istri Dalam Islam
Jump to Comments

Al-Qur’an memberi batasan bahwa suami tidak boleh meninggalkan istri lebih dari empat bulan.

Mengenai hal ini, Syaikh Utsaimin memberikan pendapat [Fatawa Nir ‘Aladarb Syaikh Utsaimin, hal 17, Majalatul Buhuts 9/60. Durus wa Fatawa Haramul Makky, juz 3 hal.270] :

Pertama : Tidak benar bahwa Al-Qur’an tidak membolehkan suami meninggalkan istri lebih dari empat bulan sebab tidak ada satu ayatpun yang menyebutkan demikian. Akan tetapi yang terdapat di dalam Al-Qur’an hanyalah pembatasan tentang orang yang ila’ yaitu suami bersumpah tidak akan menggauli istrinya, kemudian Allah memberikan waktu empat bulan kepadanya, sebagaimana firman Allah “Kepada orang-orang yang meng-ilaa’ istrinya diberi tangguh empat bulan (lamanya). Kemudian jika mereka kembali (kepada istrinya), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” [Al-Baqarah : 226]

Dibolehkan suami pergi meninggalkan istrinya, lebih dari empat bulan, enam bulan, setahun atau dua tahun dengan syarat tempat tinggal istri aman dan rela ditinggalkan, jika tempat tinggalnya tidak aman atau tempat aman tapi istri tidak merelakan, maka dalam kondisi seperti itu, suami tidak boleh meninggalkan istrinya. Wajib bagi setiap suami untuk menggauli istrinya secara baik.

Jika suami pergi setelah sekian lama tanpa memberi kabar kepada istrinya (keluarganya), apakah sang suami harus memberikan surat talaq kepada istrinya ?

Syaikh Shalih Fauzan memberikan pendapat [Kitabut Muntaqa Syaikh Fauzan, juz 3/242] :

Tidak perlu sang suami mengirimkan surat untuk menjatuhkan talak kepada istrinya, jika dia berhalangan secara syari’at yang mengakibatkan dia tidak bisa pulang. Maka tidak boleh bagi istri menuntut secara paksa terhadap suaminya agar pulang melainkan setelah ada kemampuan.

Dalam kondisi seperti ini istri berhak memilih diantara dua pilihan ; bersabar menunggu kedatangan suaminya atau menuntut hak dengan cara mengajukan talak. Dan sebaiknya suami harus tetap bersabar hingga datang kesempatan untuk pulang. Insya Allah jika ikhlas dan bersungguh-sungguh, maka akan mendapatkan jalan keluar dan pertolongan.

Dalam hal ini orang tua sang suami tetap harus menjaga dan bertanggung jawab terhadap sang istri.

42 Tanggapan

  1. pa bila istri minta talak apa yang harus dilakukan sang suami

  2. Jika suami menjatuhkan talak sampai 3x tp itu diluar kesadarannya maksudnya saat dia emosi dan sbenernya dia sangat mencitai istri, itu gmana hukumnya..??

  3. pa bila suami sya pergi krmh orng tua nya slma 3 bln lbh bhkn smpe ckr tnpa mmbri nafkah dan susu untuk ank nya yg msh umr 4bln sdngkn ank sya sdang skt tumor pembulu darah dan suami sya tidak peduli,dngn biaya obt dll kbthn ank saya?jd skr sya yg bkerj kers unk ank,untk bli susu,ke dokter dll….sya hrz gmn?kash srn y??pa sya dosa bla mnjukn talak??

    • sabar ya, tawakal lah sama yang di Atas serahkan semuanya sama Allah, pasti ngasih petunjuk

    • sabar mba,suami u juga begitu.ya sampai kapanpun u akan tetap mempertahankan semuax dan mendoakan yg terbaik untuk kami.u yakin suatu saat suami u sadar dan niat kembali kepada ku.

    • Doakan saja masuk neraka. Saya saja kesal sama laki-laki seperti itu. Saya saja sejak umur 8 bln. Doakan dapat karma. Semoga kelak kalo dia tobat dalam keadaan mati. Dia mencari istri anaknya. Ini saja punya suami rajin sholat dan berbudi baik tapi hanya sekilas. Dia tidak bijaksana, tidak wibawa, tidak setia, tidak punya hati dan tidak menjaga perasaan istrinya.

  4. Saya d tinggal suami prgi gtu aja wktu sya msih nifas,dr thun 2011 smpy skarang,gmn hukum sbgy istri?soal Ώÿ̲ά dr kluarga suami ƍäª Αϑα yg brtanggung jwab atas saya dan anak saya.?

    • Gak usah cari mereka. Kan ada kamu sebagai ibu buat ankmu. Kalo di cari mereka akan geer. Dan mencari kesalahanmu lagi.

      • Sabar aja mba..
        Dibalik semua itu pasti ada hikmah.a..!!
        Saya pun ditinggal sama suami saya sewaktu saya masih mau melahirkan anak saya..
        Sebenernya sedih ketika melahirkan tanpa ada.a seorang suami disamping kita.
        Tapi apa boleh buat dia lebih memilih menderkan kata ortu.a dibanding istri.a sendiri yang masih bertaruh nyawa untuk melahirkan anak.a..
        Sekarang umur anak ku udh 4 tahun..tapi ku masih berjuang untuk menafkahi anak ku walaupun tanpa ada.a seorang suami..amin

      • Sabar aja mba..
        Dibalik semua itu pasti ada hikmah.a..!!
        Saya pun ditinggal sama suami saya sewaktu saya masih mau melahirkan anak saya..
        Sebenernya sedih ketika melahirkan tanpa ada.a seorang suami disamping kita.
        Tapi apa boleh buat dia lebih memilih menderkan kata ortu.a dibanding istri.a sendiri yang masih bertaruh nyawa untuk melahirkan anak.a..
        Sekarang umur anak ku udh 4 tahun..tapi ku masih berjuang untuk menafkahi anak ku walaupun tanpa ada.a seorang suami..amin

  5. suami saya pergi meninggalkan saya dan anak2 tanpa pesan dan tak memberi nafkah sudah satu tahun ini, harus bagaimana kah sikap saya ? ,saya tau dia pergi karna berselingkuh dengan wanita muda.

  6. assalamulaikum pak, istri saya telah mersikap kasar kepada saya, mencela,tidak mematuhi saya,menghina,sering berkata cerai dn bnyak lgi sikap kasar yg diperlakukan kepada saya, dan akhirnya saya pergi membawa luka hati, tampa kabar. mohon pencerahan pak, sampai saat ini saya masih sayang sama istri saya, tetapi istri saya tak ingin mengetahui saya dimana, hp pun saya selalu aktif…mohon masukannya pak?

    • Istri saya pun sama sperti itu sikapnya,kluarganya satu kampung sama saya,awalnya saya tidak di setujui sama orang tua,krna istri sudh 3 xli gagal brumah tangga,tapi saya berharap insya allah istri pasti akan brubah sifatnya,saya yakin sama pilihan saya krna waktu sekolah barenq sama istri,jdi tau sifat dan akhlaknya,dapat satu tahun alhmdulilah hubungan kami baik baik saja dan harmonis,lama kemudian istri berubah selalu kasar dan selalu minta cerai..
      akhirnya saya pulanq krumah ortu saya,ortu melarang saya pulanq krumah istri..
      Sudh 4 bulan saya tidak pulanq
      Saya masih sayanq sama istri,saya harus bagaimna…????

  7. Ǻªª bila swami membohongi sang istri dia menyuruh sang istri meninggalkan rumahny sementara n nyuruh. Istri untuk pura2 cerai dgn alasan supaya orang tuanya itu memberikan modal untkny,tp trnyata dia malah selingkuh n menikahi wanita lain,n si istriny dan anakny tdk ϑȋ̊ beri nafkah lahir bathin sampai 6 thn lamany,sedangkan si swami juga tidak menceraikanny,,itu bagaimana menurut agama,,?

  8. assallamuallaikum,saya mau menanyakan bagaimana hukumnya bila seorang suami meninggalkan seorang istri karena tugas,tetapi ternyata itu semua bohong.memang suami bertugas,setelah selesai tugas jauh suami pindah kerumah orang tuanya tanpa sepengetahuan istri.dan selama itu pula suami tidak memberi nafkah lahir batin.dan ketika suami ditemui,orangtuanya angkat bicara perihal berpisah saja,tetapi suami tidak pernah mengatakan begitu hanya dia diam saja.dan dia diam karena merasa tertipu menikah dengan saya ( diguna guna ) sedang saya tidak pernah lakukan itu.karna saya meyakini itu hanyalah alasannya saja.karna saya mengetahui betul ada yang dia cintai sekarang.

  9. Apakah tidak dosa apabila kita meningalkan nya begitu lama
    untuk mencari nafkah

  10. Apabila seorang istri melemparkan uang kepada suami, ketika suami tersebut tidak punya uang. Apakah salah bila sang suami meninggalkan istri dan menceraikannya?

  11. Jikalau sudah lebih dari 4 bulan memang kasihan sang istri sih ._.” kan mesti dikasih nafkah lahir batin juga. 😦 Pengalaman aku banget ini.

    • Setiap laki-laki diberi anugerah logika tanpa perasaan. Makanya, laki-laki itu egois. Salah sedikit saja bisa pergi.
      Apakah pernikahan itu seperti pacaran?
      Seenaknya datang dan pergi.

  12. apa hukumnya apabila seorang suami meninggalkan istrinya yang masih dalam keadaan hamil dan memisahkan istri dengan anak2nya dengan alasan tidak mampu tapi tidak pernah menjatuhkan talak?

  13. assalamualaikum,,aku mau tanya,,,apa hukum nya bagi suami yang meninggal kan istri dan anak nya demi wanita lain,tampa memberi nafkah pada anak2 nya,apa yang harus di lakukan istri,,sebelum nya keluarga ini memang sudah lama tidak harmonis,suami sudah sering minta izin untuk menikah lagi tapi si istri tidak mau di poligami,,dan akhir nya sekarang si suami pergi dan membawa semua tabungan yg selama ini mereka kumpul kan,,,sementara itu anak2 ny a butuh biaya untuk pendidikan nya,,tolong beri soslusi dan terimakasih,,,

  14. Apa kah dosa suami meninggal kan isteri dan hanya pulang ker rumah isteri bila si suami rasa ingin pulang sekali sekala?, ini kerana suami ingin duduk dengan mak nya dan memberi alasan dia ingin menjaga mak nya sedangkan mak nya masih kuat berjalan dan mak nya mempunyai suami. isteri membayar rumah sendiri kerana suami mempunyai rumah nama bersama dgn mak dan bpk tiri nya, suami membayar duit rumah bersama mak ayah tiri nya. isteri hanya dapat bertemu suami sekali sekala, kekadang sebulan sekali sahaja. tolong nasihat.

  15. semoga hal ini diperhatikan para suami yg tugas diluar ! amien…

  16. assalam’ualaikum wr wb
    umi yg di ridhoi oleh allah SWT…
    saya mau bertanya umi apa hukum nya suami meninggalkan istri selama 2tahun ?
    lalu tidak di beri nafkah lahir,ya walaupun saya ktmu sma suami seminggu skli tpi saya tidak di beri nafkah lahir umi …
    apa hukum bagi seorang suami klo bgtu umi ?
    dan apa yg hrus saya lakukan umi ?
    apa sya gugai dy umi atau gmn umi ?
    wasalam

    • Tunggu saja dia yang gugat cerai kamu. Kalo dia PNS. Karena PNS itu ada banyak gajinya untuk istri ank yang di tinggalkan.
      Kalo cuma pegawai biasa gugat saja tapi ingat anakmu. sekolahnya pakai apa. Lebih baik sebelum cerai perempuan harus cari kerja terlebih dahulu. Kalo si dia cuma pegawai biasa. Itu menurut komentator seperti saya.
      Tergantung hati dan niat.
      Kalo dia ada niatnya ingin bersamamu, dia kembali karena ALLAH.
      Kalo tidak, lupakan saja.
      Cari kesibukan saja. Dari pada stres.

  17. Apakah yang di maksud dengan segah di dalam agama islam

  18. suami sy stu kota tak plg alesan sibuk2 ,pdhl lalu lalulalang d daerah sy ga ngasi nafkah malah sy harus byar utang uangnya dia yg pake ,sy samperin ke rumahnya minta pertanggung jawaban yg harus sy bayar,, malah ngumpet ,tdk mau nemui sy,

  19. Suami saya meninggalkan saya sejak anak sedang berumur 8 bulan. Hanya gara-gara dia tidak mampu bertanggungjawab bathin (moral dan perasaan).
    Suami saya lebih dengar ibu dan saudaranya.
    Ibunya bilang “tinggalkan saja istrimu. Untuk apa kembali padanya?”
    Memang wajib tidak durhaka kepada orangtua. Tapi, pernikahan itu sunnah. Harus bertanggungjawab penuh pada istri anak. Kalau tidak mampu bertanggungjawab penuh “kenapa harus menikah mendadak?”
    Setiap istri menginginkan suami yang mampu menjadi seorang suami yang baik bagi istrinya, Ayah yang baik bagi anaknya, pemimpin yang mampu mendidik istri anaknya, dan kepala keluarga yang mampu menjaga dan melindungi segalanya untuk istri anaknya.
    Tapi, tidak semua istri mendapatkan itu.
    Masa harus meninggalkan istri anak hanya kesalahan besar orangtuanya?

  20. Kesel sama namanya suami. Pengen rasanya pacaran saja sama duda. Baru nikah. Toh daripada kembali tapi tidak bahagia sama sekali. Untuk apa lama-lama.

  21. Mau tanya, ini pengalaman saya pribadi , sy sdh pisah 2 tahun lebih dgn suami sy , alasan sy pisah KDRT, saya sering d.pukul oleh suami sy, krena pengaruh alkohol tpi slama pisah tdk prnh 1xpun suami sy dtng mnta maaf ataupun pnya nait baik bgtupn jga dgn kluarga suami sya.. dia sdh prnh blg cerai kpada sya tpi dlm keadaan mabuk..
    Yg sy mau tnyakan bgmna status pernikahan kami , sdh jatuh talaq atau blum , jika ada lelaki yg dtng melamar sya blehkn sy menikah lgi atau hrus bgmna ?? Tlong bantuannya yaa

    • Assalamualaikum mba rizka,…apa kabar ,??? MEMANG RUMAH TANGGA ADALAH MENYATUKAN DUA FISIK, UNTUK MENYATUKAN SATU RASA,…YAITU RASA SALING MEMILIKI DAN MENYAYANGI,…UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN LAHIR DAN BATHIN…
      TAPI TIDAK SEMUDAH MEMBALIKAN TELAPAK TANGAN,..KARENA MASALAH DALAM RUMAH TANGGA MEMANG SANGAT SANGAT MENGERIKAN KALAU ADA ORABG KETIGA YANG TIDAK PAHAM.

      ORANGA KETIGA BUKAN SELINGKUH,..TAPI ORANG KETIGA BISA KARENA SAUDARA YANG TIDAK PAHAM TERUS MASUK DALAM MASALAH YANG ADA. AKHIRBYA BISA TERJADI TAMBAH RUMIT.

      SEBENARNYA SUAMI ATAU LAKI LAKI,..BIASANYA MARAH KARENA JUGA SI ISTRI GAK MAU MERAYU ATAU MEREDAM, TAPI KADANG MEMANCING LEMARAHAN SI SUAMI, AKHIRNYA JADI API DALAM SEKAM,…SALING DIAM,…DAN SALING ADU EGO MASING MASING,…TAPI KALAU DUA DUANYA SADAR,….BAHWA RUMAH TANGGA ADALAH SEMATA MATA KARENA ALLAHU SWT,…INSYAALLAH…CEPAT ADA SOLUSINYA,…MAAF ITU PENDAPAT SAYA…SEMOGA SEDIKIT ADA BERMANFAAT…TRIMAKASIH.

  22. Bagaimana hukumnya bila suami pergi dari rumah tanpa meninggalkan nafkah tanpa peduli kabar anak istri dan memilih kembali ke orang tuanya?
    Dan bagaimana hukumnya bila ada mertua yang meminta anaknya untuk menceraikan istrinya? Apa hukumnya dalam islam?

  23. Kalau seorang suami meninggalkan istrinya tanpa pamit dan tanpa memberikan kabar serta nafkah kepada istrinya lebih dari 3bulan padahal sang istri sedang hamil 7bln, bolehkah sang istri menuntut haknya dan menggugatnya?

  24. Assalamualaikum…
    Saya sdh d tinggal suami krng lbh 2 thn.sethn sblmnya kami baik2 aj.dan g prnh ada mslh rmh tangga atw apapun.suami jarang plng krna alasan pekerjaan yg g memungkinkan bs plng sprti dl.saya amat percya dgn suami.g pernh berpikir mcm2.wlupun saat ini keadaan keuangan sdng terpuruk tp saya iklas dan trus mendoakan utk suami.saya bantu2 mencri uang utk menckpi kebthan.dn ternyta 3 bln yg lalu ternyta suami saya selingkuh.saya dan ank d tinggal bgtu aj.tnpa penjelasan stlah saya mengetahuinya.bkn hnya itu ternyta sblm dgn saya dia sdh mempunyai istri dan msh bersamanya alias blm cerai.lengkap sdh kebhngannya.pdhl d mta saya suami baik.dlm bersikap maupun agamanya.smpai saya berhijab tu nasehat suami.saya mnta sarannya ap yg hrs saya lakukan.dmn krjany dn dmn dia tinggal saya tdk tau.hnya menanti jwban Smga Allah menguatkan saya dan memberi petunjuknya.

    • Sama seperti sy bun,,suami jarang pulang alesan nya sibuk kerja dan akhirnya setelah sebulan gak pulang dy mengakui telah menikah siri selama hampir setahun. Sekarang semenjak dy mengaku telah nikah siri udah 2 bln gk pulang bahkan memberikan nafkah untuk anak tidak no hp pun sudah tidak bisa dibubungi. mohon solusinya apa yg harus sy lakukan dlm posisi seperti ini

  25. Gimana kalau suami meninggalkan istri yang lagi hamil demi wanita lain apakah di perbolehkan ?
    & apa hukum dalam islam

Tinggalkan komentar